PENDAHULUAN
Blender adalah program 3D dan
animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan
dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video
compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat
royalti kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk
dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation,
tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D
lainnya.
Keunggulan
Blender 3D
·
Interface
yang user friendly dan tertata rapi.
·
Tool
untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
·
texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production
dan game creation.
·
Cross
Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
·
bisa
anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
·
Kualitas
arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
·
File
Berukuran kecil.
·
Free
(gratis).
Oleh karena itu, lewat software Blender inilah
saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik.
Itu semua saya tuangkan kedalam tugas makalah ini ini, semoga bermanfaat bagi
Anda sekalian.
ISI
Pada makalah ini saya akan
membuat ruang belajar seperti pada gambar dibawah ini, namun saya tidak akan
membahas semua tutorial pembuatan objek yang ada. Hanya beberapa bagian saja
yang akan saya jabarkan.
Berikut adalah beberapa
tutorial pembuatan objek
Part 1. Tutorial Pembuatan Meja
1. Pada
penulisan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah objek dari pencitraan benda
dalam suatu ruangan Belajar.
Penulisan ini membuatnya saya mengguakan
editor Blender. Disini saya menggunakan blender versi 2.69. Blender itu sendiri
adalah software pengolah gambar dalam bentuk 3 dimensi.
2. Untuk tema
yang dipilih adalah Ruang Belajar. Oleh
karena itu saya akan membuat sebuah objek berupa sebuah lampu belajar yang
biasnya terdapat di meja belajar. Jika hanya
membuat sebuah lampu saja maka rasanya kurang klop, untuk itu saya akan membuat meja belajar telebih dahulu.
3. Pertama-tama
kita masuk ke dalam blender terlebih dahulu.
Gambar
diatas adalah merupakan rupa ketika kita masuk ke dalam software blender.
Blender menyediakan satu bjek yang berupa kubus ketika kita masuk atau membuka
lembaran baru pada halaman Blender. Dari awal objek inilah kita bisa
mengembangkannya menjadi objek yang kita inginkan.
Sebelum
masuk materi lebih lanjut, kita perlu tahu tentang komponen awal pada blender
ini. Pada gambar diatas terlihat ada satu buah objek kubus, satu kamera dan
satu lampu. Kamera di sini berfungsi ketika kita melakukan rendering atau
pembuatan objek 3 dimensi dimana kita bisa mengatur kamera tersebut untuk dapat
mengatur sudut dari pemandangan objek yang kita buat. Sedangkan lampu berfungsi
untuk membuat pencahayaan sehingga ketika proses rendering, kita bisa melihat
objek dengan jelas.
Kemudian di
bagian samping kanan jendela objek, terdapat pula tools-tools yang disediakan
blender untuk memanipulasi objek.
4. Gambar
dibawah ini merupakan hasil dari rendering objek kubus yang disediakan oleh
blender.
5.
Baiklah, saya akan membuat meja kerja khususnya meja untuk sorang anak belajar. Pertama-tama saya saya manipulasi terlebih dahulu objek kubus tadi menjadi sebuah lempengan persgi panjang. Lempengan ini nantinya yang menjadi alas untuk konstruksi sebuah meja.
Baiklah, saya akan membuat meja kerja khususnya meja untuk sorang anak belajar. Pertama-tama saya saya manipulasi terlebih dahulu objek kubus tadi menjadi sebuah lempengan persgi panjang. Lempengan ini nantinya yang menjadi alas untuk konstruksi sebuah meja.
Bisa dilihat
pada gambar diatas, untuk membuat suatu lempengan dari sebuah kubus, kita bisa
gunakan fungsi scale atau dalam hotkey blender dilambangkan dengan S. Dengan
menggunakan fungsi scale ini, kita bisa padukan dengan sumbu X,Y, atau Z. Untuk
gambar diatas, saya gunakan fungsi scale dengan sumbu Z sebagai porosnya.
Kemudian saya kecilkan sehingga tinggi kubus itu menjadi memendek. Kemudian
setelah itu saya menuju ke bagian atas permukaan balok. Kemudian saya scale
lagi menurut sumbu Y. Saya panjangkan sisi kubus menjadi sebuah persegi
panjang. Ukuran untuk setia scale disesuaikan dengan kebutuhan kita.
Ini adalah
hasil dari fungsi scale yang tadi saya lakukan terhadap kubus. Untuk tahap alas
dari konstruksi meja telah selesai.
6. Selanjutnya
kita buat kaki – kaki untuk menyangga alas meja tersebut. Kita bagi dahulu objek dengan mengnakan Ctrl+R, kemudian
kita pindah pada mode edit lalu tandai ke empat ujung
objek dan tekan E tarik ke bawah lalu kita atur pendek dan panjangnya
Setelah
selesai, maka sekarang kita posisikan objek tadi dengan posisi menyangga alas
meja tadi seperti pada gambar dibawah ini.
Setelah itu,
untuk membuat lagi rangka atas tandai lagi
lalu tekan E, hingga sesuai kebutuhan. Pada gambar
dibawah ini, saya sudah menambakan sebuah tiang yang
digabungkan dengan beberapa objek tambahan. Lalu tandai semua bagian atasnya. Agar bisa disatukan kita harus
menghapusnya terdahulu dengan tekan Del lalu pilih face. Dan tandai yang sudah di hapus satukan dengan tekan F
Output :
Part 2. Tutorial Pembuatan Lampu
1. Setelah kita menyelesaikan tahap pertama dalam pembuatan
meja, sekarang saatnya untuk membuat aksesoris yang dapat menghiasinya.
2. Tetapi
sebelumnya saya akan memberikan tutorial untuk memberikan matrial kepada meja
yang saya buat sebelumnya. Seperti pada gambar untuk praktikum pertama, gambar
meja yang telah dibuat terlihat polos. Alas meja nya tampak tak berwarna,.
Untuk itu saya akan mencoba untuk tidak
memberikan warna terhadap alas meja tersebut, akan tetai saya kan membuat alas
meja tersebut terselimuti oleh warna.
Caranya adalah klik objek atau alas meja tersebut, kemudian kita pilih tab matrial pada menu properties objek tersebut,
kemudian kita pilih new
dan pilih warna yang kita inginkan dan klik Asigmen.
3. Kemudian, saya akan membuat objek
selanjutnya yang akan menghiasi meja tersebut sehinggatampak lebih hidup dan
tidak monotone. Saya akan mebuat sebuah lampu meja yang dapat menerangi ketika
lampu itu dipakai. Pertama-tama saya akan membuat tudungnya atau topinya
terlebih dahulu. Biasanya tudung tlampu itu berbentuk kerucut, oleh karen itu
kita masukan terlebih dahulu shape berbentuk kerucut. Kita sesuaikan ukuran dan
posisinya sehingga kita bisa mengukur ukuran lampu tersebut untuk digunakan pada
meja tadi.
Kita masukan shape bernama cone. Kemudian
kita hapus bagian alasnya sehingga akan terlihat seperti gambar dibawah ini.
Cara menghapus nya adalah dengan masuk ke edit mode, tetapi sebelumnya kita
sudah men-select objek tersebut. Kemudian kita pilih ke bagian face, karena
alas tersebut secara keseluruhan merupakan bagian face yang akan dihapus.
Select bagian tersebut dan klik delete untuk menghapusnya.
Setelah itu, beri warna pada topi tersebut sehingga terlihat lebih
hidup dan enak dipandang oleh mata.
4. Kemudian, kita buat tangkainya yang
berfungsi sebagai penopang lampu sekaligus topi tersebut. Caranya kita tinggal
buat dengan 2 buah tabung yang memanjang dan kita gabungkan dengan menggunakan
sebuah UV sphere. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini, setiap objek akan
digabung nantinya dengan menggunakan fitur join.
Tak lupa jika kita akan menggabungkannya
kita harus memberikan warnanya terlebih dahulu. Jika kita meberi warna setelah
digabungkan atu join, maka ketika pemberian warna, objek tersebut akan berefek
kepada seluruh bagiannya karena objek tersebut sudah menjadi satu kesatuan.
5. Yang terakhir kita buat alas dari lampu
tersebut sehingga bisa meopang seluruh badan atau bodi dari lampu tersebut.
Buatlah sedemikian rupa sehingga gambar tersebut tampak seperti gambar dibawah
ini.
Part 3. Tutorial Pembuatan Kursi
Pada tampilan awal sudah di sediakan
sebuah kubus yang bisa kita bentuk bermacam-macam sesuai dengan keinginan kita.
Langkah selanjutnya yang kita
lakukan adalah memipihkan kubus tersebut, caranya dengan menggunakan hotkey
pada keyboard yaitu menekan huruf S dan menggerakan mouse untuk mengatur ukuran
seberapa pipih yg kita inginkan.
Kemudian pada bidang tersebut kita
klik tab pada keyboard maka akan masuk kedalam edit mode. Setalah kita masuk
kedalam edit mode maka kita akan membagi sisi-sisi pada kubus tersebut yang
berguna untuk menarik bagian-bagian kursi yang akan dibuat. Cara membaginya
yaitu menekan ctrl + R dan membagi sesuai contoh.
Setelah kita membagi beberapa sisi,
selanjutnya kita memblock 2 buah sisi dengan cara klik kanan pada ujung-ujung
sisi tersebut dengan menekan shift pada keyboard. Setelah itu kita menekan
tombol E pada keyboard maka akan bisa tertarik ujung yang diblok tadi seperti
gambar diatas.
Lalu langkah selanjutnya kita kita
menarik bagian kaki-kaki kursi dan langkah yang digunakan sama seperti
sebelumnya.
Untuk membuat sandaran pada atas
kursi harus memotong bagian sisi dalam sandaran kursi agar bisa dihubungkan
dengan sisi lainnya. Caranya kita memblock
kedua buah sisi setelah di blok kita mendelete faces pada sisi tersebut.
Kemudian untuk menggabungkannya kita
mengklik 4 buah titik, 2 disisi kanan, dan 2 disisi kiri. Untuk
menggabungkannya kita menekan huruf F pada keyboard maka akan tampil seperti
gambar diatas. Kita lakukan sampai semuanya menjadi sandaran kursi.
Cara yang sama
kita lakukan untuk membuat sandaran yang satu nya lagi.
Setelah jadi sebuah objek kursi kita
akan memperhalus tampilan kursi tersebut dengan cara mengklik object modifier
pada kanan tampilan. Lalu kita memilih add modifier – solidify dan setelah
selesai kita akan merender objek ini agar terlihat tampilan seperti pada image
lainnya.
Output
Part 4. Tutorial Pengunaan Texture
1.
langkah pertama adalah buat sebuah bidang yang akan di tempelkan texture. Sebagai contoh saya membuat bingkai foto yang nantinya akan saya tempelkan foto.
langkah pertama adalah buat sebuah bidang yang akan di tempelkan texture. Sebagai contoh saya membuat bingkai foto yang nantinya akan saya tempelkan foto.
2. Kemudian klik pada objek tersebut dan sekarang kita pilih
menu texture pada menu tollbar yang ada.
3. Lalu plih new.
4. Lalu pada bagian texture diganti menjadi image or movie
5.
selanjutnya pilih open.
6. Lalu pilih gambar yang akan dijadikan texture
7. maka terxture pun berhasil dipasang
PENUTUP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar