Jumat, 09 Januari 2015

Desain Permodelan Grafik #Pembuatan Model Dinamis

PENDAHULUAN


            Blender adalah program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembangkan oleh penggunanya dan dapat didistribusikan kembali dan bersifat Legal. Blender memiliki video compositor dan intergrated game engine Karya yang dihasilkan tidak ada sifat royalti kepada developer, dan dapat dipublikasikan baik free maupun untuk dikomersilkan. Blender merupakan salah satu program Modeling 3D dan Animation, tapi Blender mempunyai kelebihan sendiri dibandingkan program modeling 3D lainnya.

Keunggulan Blender 3D
·         Interface yang user friendly dan tertata rapi.
·         Tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping,
·         texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
·         Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D
·         bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
·         Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
·         File Berukuran kecil.
·         Free (gratis).

 Oleh karena itu, lewat software Blender inilah saya akan mencoba membuat suatu objek yang layak dengan kualitas yang menarik. Itu semua saya tuangkan kedalam tugas makalah ini ini, semoga bermanfaat bagi Anda sekalian.













ISI

Pada makalah ini saya akan membuat ruang belajar seperti pada gambar dibawah ini, namun saya tidak akan membahas semua tutorial pembuatan objek yang ada. Hanya beberapa bagian saja yang akan saya jabarkan.


Berikut adalah beberapa tutorial pembuatan objek
Part 1. Tutorial Pembuatan Meja


1.      Pada penulisan kali ini saya akan mencoba membuat sebuah objek dari pencitraan benda dalam suatu ruangan Belajar. Penulisan  ini membuatnya saya mengguakan editor Blender. Disini saya menggunakan blender versi 2.69. Blender itu sendiri adalah software pengolah gambar dalam bentuk 3 dimensi.
2.      Untuk tema yang dipilih adalah Ruang Belajar. Oleh karena itu saya akan membuat sebuah objek berupa sebuah lampu belajar yang biasnya terdapat di meja belajar. Jika hanya membuat sebuah lampu saja maka rasanya kurang klop,  untuk itu saya akan membuat meja belajar telebih dahulu.
3.      Pertama-tama kita masuk ke dalam blender terlebih dahulu.
















Gambar diatas adalah merupakan rupa ketika kita masuk ke dalam software blender. Blender menyediakan satu bjek yang berupa kubus ketika kita masuk atau membuka lembaran baru pada halaman Blender. Dari awal objek inilah kita bisa mengembangkannya menjadi objek yang kita inginkan.

Sebelum masuk materi lebih lanjut, kita perlu tahu tentang komponen awal pada blender ini. Pada gambar diatas terlihat ada satu buah objek kubus, satu kamera dan satu lampu. Kamera di sini berfungsi ketika kita melakukan rendering atau pembuatan objek 3 dimensi dimana kita bisa mengatur kamera tersebut untuk dapat mengatur sudut dari pemandangan objek yang kita buat. Sedangkan lampu berfungsi untuk membuat pencahayaan sehingga ketika proses rendering, kita bisa melihat objek dengan jelas.
Kemudian di bagian samping kanan jendela objek, terdapat pula tools-tools yang disediakan blender untuk memanipulasi objek.

4.      Gambar dibawah ini merupakan hasil dari rendering objek kubus yang disediakan oleh blender.
 











5.     
Baiklah, saya akan membuat meja kerja khususnya meja untuk sorang anak belajar. Pertama-tama saya saya manipulasi terlebih dahulu objek kubus tadi menjadi sebuah lempengan persgi panjang. Lempengan ini nantinya yang menjadi alas untuk konstruksi sebuah meja.

Bisa dilihat pada gambar diatas, untuk membuat suatu lempengan dari sebuah kubus, kita bisa gunakan fungsi scale atau dalam hotkey blender dilambangkan dengan S. Dengan menggunakan fungsi scale ini, kita bisa padukan dengan sumbu X,Y, atau Z. Untuk gambar diatas, saya gunakan fungsi scale dengan sumbu Z sebagai porosnya. Kemudian saya kecilkan sehingga tinggi kubus itu menjadi memendek. Kemudian setelah itu saya menuju ke bagian atas permukaan balok. Kemudian saya scale lagi menurut sumbu Y. Saya panjangkan sisi kubus menjadi sebuah persegi panjang. Ukuran untuk setia scale disesuaikan dengan kebutuhan kita.

 












Ini adalah hasil dari fungsi scale yang tadi saya lakukan terhadap kubus. Untuk tahap alas dari konstruksi meja telah selesai.
                                                                                        











6.      Selanjutnya kita buat kaki – kaki untuk menyangga alas meja tersebut. Kita bagi dahulu objek dengan mengnakan Ctrl+R, kemudian kita pindah pada mode edit lalu tandai ke empat ujung objek dan tekan E tarik ke bawah lalu kita atur pendek dan  panjangnya
Setelah selesai, maka sekarang kita posisikan objek tadi dengan posisi menyangga alas meja tadi seperti pada gambar dibawah ini.




Setelah itu, untuk membuat lagi rangka atas tandai lagi lalu tekan E, hingga sesuai kebutuhan. Pada gambar dibawah ini, saya sudah menambakan sebuah tiang yang digabungkan dengan beberapa objek tambahan. Lalu tandai semua bagian atasnya. Agar bisa disatukan kita harus menghapusnya terdahulu dengan tekan Del lalu pilih face. Dan tandai yang sudah di hapus satukan dengan tekan F














Output :



Part 2. Tutorial Pembuatan Lampu


1.      Setelah kita menyelesaikan tahap pertama dalam pembuatan meja, sekarang saatnya untuk membuat aksesoris yang dapat menghiasinya.
2.      Tetapi sebelumnya saya akan memberikan tutorial untuk memberikan matrial kepada meja yang saya buat sebelumnya. Seperti pada gambar untuk praktikum pertama, gambar meja yang telah dibuat terlihat polos. Alas meja nya tampak tak berwarna,.








Untuk itu saya akan mencoba untuk tidak memberikan warna terhadap alas meja tersebut, akan tetai saya kan membuat alas meja tersebut terselimuti oleh warna. Caranya adalah klik objek atau alas meja tersebut, kemudian kita pilih tab matrial pada menu properties objek tersebut, kemudian kita pilih new dan pilih warna yang kita inginkan dan klik Asigmen.


           
3.      Kemudian, saya akan membuat objek selanjutnya yang akan menghiasi meja tersebut sehinggatampak lebih hidup dan tidak monotone. Saya akan mebuat sebuah lampu meja yang dapat menerangi ketika lampu itu dipakai. Pertama-tama saya akan membuat tudungnya atau topinya terlebih dahulu. Biasanya tudung tlampu itu berbentuk kerucut, oleh karen itu kita masukan terlebih dahulu shape berbentuk kerucut. Kita sesuaikan ukuran dan posisinya sehingga kita bisa mengukur ukuran lampu tersebut untuk digunakan pada meja tadi.
Kita masukan shape bernama cone. Kemudian kita hapus bagian alasnya sehingga akan terlihat seperti gambar dibawah ini. Cara menghapus nya adalah dengan masuk ke edit mode, tetapi sebelumnya kita sudah men-select objek tersebut. Kemudian kita pilih ke bagian face, karena alas tersebut secara keseluruhan merupakan bagian face yang akan dihapus. Select bagian tersebut dan klik delete untuk menghapusnya.


 














Setelah itu, beri warna pada topi tersebut sehingga terlihat lebih hidup dan enak dipandang oleh mata.
4.      Kemudian, kita buat tangkainya yang berfungsi sebagai penopang lampu sekaligus topi tersebut. Caranya kita tinggal buat dengan 2 buah tabung yang memanjang dan kita gabungkan dengan menggunakan sebuah UV sphere. Bisa dilihat pada gambar dibawah ini, setiap objek akan digabung nantinya dengan menggunakan fitur join.

 

















Tak lupa jika kita akan menggabungkannya kita harus memberikan warnanya terlebih dahulu. Jika kita meberi warna setelah digabungkan atu join, maka ketika pemberian warna, objek tersebut akan berefek kepada seluruh bagiannya karena objek tersebut sudah menjadi satu kesatuan.

5.      Yang terakhir kita buat alas dari lampu tersebut sehingga bisa meopang seluruh badan atau bodi dari lampu tersebut. Buatlah sedemikian rupa sehingga gambar tersebut tampak seperti gambar dibawah ini.


Part 3. Tutorial Pembuatan Kursi


            Pada tampilan awal sudah di sediakan sebuah kubus yang bisa kita bentuk bermacam-macam sesuai dengan keinginan kita.


            Langkah selanjutnya yang kita lakukan adalah memipihkan kubus tersebut, caranya dengan menggunakan hotkey pada keyboard yaitu menekan huruf S dan menggerakan mouse untuk mengatur ukuran seberapa pipih yg kita inginkan.

            Kemudian pada bidang tersebut kita klik tab pada keyboard maka akan masuk kedalam edit mode. Setalah kita masuk kedalam edit mode maka kita akan membagi sisi-sisi pada kubus tersebut yang berguna untuk menarik bagian-bagian kursi yang akan dibuat. Cara membaginya yaitu menekan ctrl + R dan membagi sesuai contoh.


            Setelah kita membagi beberapa sisi, selanjutnya kita memblock 2 buah sisi dengan cara klik kanan pada ujung-ujung sisi tersebut dengan menekan shift pada keyboard. Setelah itu kita menekan tombol E pada keyboard maka akan bisa tertarik ujung yang diblok tadi seperti gambar diatas.

            Lalu langkah selanjutnya kita kita menarik bagian kaki-kaki kursi dan langkah yang digunakan sama seperti sebelumnya.


            Untuk membuat sandaran pada atas kursi harus memotong bagian sisi dalam sandaran kursi agar bisa dihubungkan dengan sisi lainnya. Caranya kita memblock  kedua buah sisi setelah di blok kita mendelete faces pada sisi tersebut.


            Kemudian untuk menggabungkannya kita mengklik 4 buah titik, 2 disisi kanan, dan 2 disisi kiri. Untuk menggabungkannya kita menekan huruf F pada keyboard maka akan tampil seperti gambar diatas. Kita lakukan sampai semuanya menjadi sandaran kursi.


Cara yang sama kita lakukan untuk membuat sandaran yang satu nya lagi.


            Setelah jadi sebuah objek kursi kita akan memperhalus tampilan kursi tersebut dengan cara mengklik object modifier pada kanan tampilan. Lalu kita memilih add modifier – solidify dan setelah selesai kita akan merender objek ini agar terlihat tampilan seperti pada image lainnya.
Output


Part 4. Tutorial Pengunaan Texture

1.     
langkah pertama adalah buat sebuah bidang yang akan di tempelkan texture. Sebagai contoh saya membuat bingkai foto yang nantinya akan saya tempelkan foto.


2.      Kemudian klik pada objek tersebut dan sekarang kita pilih menu texture pada menu tollbar yang ada.



3.      Lalu plih new.




























4.      Lalu pada bagian texture diganti menjadi image or movie




5.     

selanjutnya pilih open.










6.      Lalu pilih gambar yang akan dijadikan texture


7.      maka terxture pun berhasil dipasang


PENUTUP

Demikian tutorial yang saya buat dalam tugas makalah ini, semoga dengan apa yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi saya khususnya dan orang lain yang membacanya. Maaf  jika dalam penulisan terdapat ketidak jelasan bahasa ataupun intruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar